Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

 

Sabtu, 15 Januari 2011

Jika aku menjadi jurnalis...

2 komentar
Ketika melihat salah satu program stasiun televisi swasta "jika aku menjadi....".
Langsung terbayangkan olehku jika aku menjadi seorang jurnalis. Sebenarnya ini bukan cita-citaku sesungguhnya. Namun, hal itu muncul ketika aku berawal menekuni dunia fotografi. Bagiku, visualisasi  sebuah foto kadang bisa menceritakan suatu kejadian yang mempunyai nilai historis yang tinggi. 

Bayangkan jika Indonesia tidak mempunyai dokumetasi Presiden Soekarno dalam bentuk foto. Mungkin kita sebagai generasi penerus bangsa hanya bisa membayangkan rupa Sang Proklamator tanpa tahu bentuk wajah serta kesehariannya.
Menurutku, posisi jurnalis setingkat dengan guru, polisi, maupun hakim pengadilan. Bayangkan jika posisi mereka hancur karena kinerja yang tidak bertanggung jawab. Mungkin sang jurnalis bisa perbaiki dengan menginformasikan kepada khalayak umat bahwa guru yang ada di SD ******* telah melakukan pelecehan seksual terhadap muridnya. atau polisi yang bertugas di Jalan******** telah melakukan pungli kepada pedagang kaki lima. atau hakim pengadilan pada terdakwa "sang mafia hukum" telah menerima suap sebesar Rp ** milyar. Mungkin dengan hadirnya seorang jurnalis yang berani mengungkapkan hal tersebut. Kita bisa menilai dan memperbaiki agar bangsa ini jadi lebih baik.

Aku memang bukan pakar jurnalistik. Tapi aku optimis bahwa kelak aku akan menjadi itu...

2 komentar:

  1. smangat terus
    hope you'll be the one of the best journalist ever
    terus belajar, belajar terus
    cayooooo!!

    BalasHapus
  2. ya,aku jg pengen banget jd jurnalis... terus semangat.. ^_^
    salam kenal....

    BalasHapus